Tempat surf di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu surganya surf ini terbukti dri banyaknya pantai di indonesia yang di gemari sebai tempat surf.berikut ada beberapa pantai di indonesi yang memiliki ombak yang dhsyat


1. Pantai Plengkung, Banyuwangi




Pantai Plengkung terletak 20 kilometer dari Desa Grajagan dan termasuk bagian dari Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai yang juga dikenal di kalangan surfer sebagai G-Land ini memiliki ombak dengan ketinggian 6 hingga 8 meter sepanjang 2 kilometer. Ombak di Pantai Plengkung juga mempunyai 7 gulungan dengan interval sekitar 5 menit akibat tekanan air laut dari Kutub Selatan. Tidak heran jika ombak di pantai ini disebut-sebut sebagai ombak terbaik kedua setelah Hawaii. Salah satu bukti ketenarannya adalah di pantai ini pernah diselenggarakan lomba surfing tingkat internasional atau yang dikenal dengan "Banyuwangi G-Land International Team Challenge". Lomba ini diikuti oleh 12 tim peselancar dari delapan negara, yaitu Australia, Prancis, Amerika, Inggris, Selandia Baru, dan Indonesia.

2. Pulau Nusa Penida dan Nusa Lembongan, Bali



Tidak perlu diragukan lagi, pesona pantai di Bali selalu memikat siapa saja yang datang, termasuk para peselancar dunia. Tempat yang paling digemari untuk berselancar adalah Nusa Penida dan Nusa Lembongan. Perairan di Pulau Nusa Penida terkenal dengan kawasan menyelamnya di Penida Bay, Manta Point, Batu Meling, Batu Lumbung, Batu Abah, Toyapakeh, dan Malibu Point. Biasanya, surfer yang datang akan mencari spot tersendiri agar bisa menikmati ombak laut dengan asyik tanpa gangguan orang lain. Selain Nusa Penida, tempat yang memiliki gelombang ombak tinggi dan asyik dijadikan tempat surfing adalah Nusa Lembongan, letaknya tak jauh dari Nusa penida.


3.Pantai Uluwatu, Bali



Ketinggian ombak di Pantai Uluwatu mencapai ketinggian sekitar 5 hingga 8 meter dan terkenal di kalangan para surfer dengan gelombang pendek dan kuat yang saling bersusulan. Oleh karena itu, Pantai Uluwatu hanya digunakan untuk peselancar profesional. Keunikan dari gelombang ombak yang unik di Uluwatu ini membuat Pantai Uluwatu menempati peringkat ke-3 spot surfing terbaik di dunia versi CNN Travel.


4. Pantai Tanjung Setia, Lampung Barat



Pantai Tanjung Setia ini sudah dikenal oleh turis mancanegara namun belum oleh masyarakat lokal. Pantai ini menjadi salah satu tempat favorit dan terbaik di dunia untuk olahraga air. Ombak di pantai ini termasuk salah satu ombak tertinggi di dunia karena berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Ombak di pantai ini bisa mencapai tinggi 6-7 meter dengan panjang 200 meter.


5. Pulau Timor



Pulau-pulau di Timor Barat memiliki beberapa gelombang terbaik di Indonesia. Pulau-pulau Timor Barat dan Rote memiliki beberapa spot terkenal, break point (seperti T-Lands) serta cukup beberapa tempat rahasia. T-Land adalah tempat surfing utama di sini, seorang goofie bisa melakukan snap berkali-kali, kamu bisa melakukan nose rider selama yang kamu mau atau menikmati free travel spirit on break. Pulau Roti adalah titik selatan terjauh Indonesia, dengan pantai indah tak terjamah serta surfbreaks menakjubkan, hutan hujan tropis, savana dan bukit-bukit berakhir di tebing curam. Kamu sekarang memiliki kesempatan menikmati pengalaman menarik ini di Indonesia. 


SUMBER :    http://www.planetsurfonline.com/index.php/blog/10-lokasi-surfing-terbaik-di-indonesia/80
Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar